見出し画像

Perhatian! Mudik Gratis Tahun Ini Dibatalkan

注意!今年の無料帰省は中止されます

Jakarta - Lebaran tinggal beberapa bulan lagi. Masyarakat yang biasanya pulang kampung ikut mudik gratis biasanya akan mendaftar jauh-jauh hari. 
レバランまで残りあと数か月。普通、無料帰省に参加して田舎に帰る社会は普通、かなり前の日から登録します。

Namun, tahun ini mereka mesti bersabar. Sebab, mudik gratis tahun ini dibatalkan karena wabah virus corona.
しかし、今年は彼らは我慢しなければならない。コロナウイルスが広く発生した為、今年の無料帰省は中止されます。 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya membatalkan mudik gratis tahun ini. Tidak hanya mudik gratis dari Kemenhub, mudik gratis dari BUMN juga dibatalkan. 
運輸省(kemenhub)陸運長官のブディ・スティヤディは言いました、当局は今年の無料帰省を中止しました。運輸省からの無料帰省だけではありません。国有企業からの無料帰省も中止されました。

"Mudik gratis semuanya, dari kementerian, BUMN maupun swasta kita batalkan semua. Karena kondisi darurat corona sampai dengan bulan Mei," katanya kepada detikcom, Senin kemarin (23/3/2020).
「その全ての無料帰省、省から、国有企業から、民間からも私たちは全てを中止しました。なぜなら、5月までのコロナの緊急の状態。」先週月曜(2020年3月23日)detik.comへ彼は言いました。

Lanjut Budi, pihaknya juga mengimbau masyarakat tidak mudik tahun ini. Langkah itu dilakukan agar virus corona tak menyebar ke daerah.
続けてブディは、当局は社会は今年、帰省しないとも呼びかけました。そのステップはコロナウイルスを地域へ広げないように実施される。 

"Dan kita sudah mulai memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui meme yang kita kirim melalui media ke masyarakat untuk tidak mudik," katanya. 
「そして私達はすでに帰省しない為に私達がメディアを通して送ったmeme(アプリ)を通して、社会へ社会化を与え始めました。」彼は言いました。

Bagaimana dengan yang sudah beli tiket?
すでにチケットを買った人はどうですか?

Budi Setiyadi mengatakan, jika ada imbauan dari pemerintah sebaiknya masyarakat tidak melakukan mudik. Apalagi, kata dia, Jakarta merupakan episentrum corona. 
ブディ・スティヤディは言いました、もし政府からの呼びかけがあれば、社会は帰省しない方が良い。さらに彼は言いました、ジャカルタはコロナ震源地である。

"Kalau reguler (beli tiket), kalau sudah ada imbauan atau pelarangan kita harapkan masyarakat tidak melaksanakan itu, karena di Jakarta sudah dianggap episentrumnya penyebaran virus," katanya. 
「もし正規の(チケット購入)、もしすでに呼びかけもしくは禁制があった場合、私達は社会がそれを実施しない事を望みます。なぜなら、ジャカルタではすでに震源地はウイルスの拡大と見なされています。」彼は言いました。

Pihaknya tak ingin virus ini semakin menyebar ke daerah-daerah sehingga semakin sulit ditangani. 
当局はこのウイルスを様々な地域へだんだん拡大させたくありません。その結果、処置する事がだんだん難しくなります。

"Jangan sampai kemudian kita nggak tahu yang sudah membawa bakteri ke daerah, nanti menyebar ke daerah-daerah," tambahnya. 
「その時まで、私達は菌をすでに地域へ持っていく人を知らなかったらいけません。」彼は追加しました。

Budi mengatakan, rencananya Kemenhub menyediakan 1.200 bus untuk mudik gratis tapi dibatalkan. Dia bilang, program mudik gratis itu sebenarnya sudah dilelang. 
ブディは言いました、計画は運輸省は無料帰省の為に1,200台のバス用意します。しかし中止されました。彼は言いました、その無料帰省プログラムは本当はすでに競売されています。

"Sudah saya lelang, tapi nanti kan force majeure," ungkapnya.
「私はすでに競売しています、しかし、後で不可抗力でしょう」と、彼は明らかにしました。

この記事が気に入ったらサポートをしてみませんか?